Basis dalam perhitungan hasil analisa Batubara

Basis dalam perhitungan hasil analisa batubara adalah dasar yang dipakai untuk menyatakan nilai dari suatu parameter dan menginterpretasikan nilai tersebut pada kondisi tertentu batubara. Interpretasi dari basis tersebut sesuai dengan istilah basis tersebut, misalkan seperti basis basis di bawah ini ;

·         As received/as sampled basis (ar) = nilai parameter atau kualitas batubara pada saat batubara tersebut diterima / disampling.

·         Air dried basis (adb) = nilai kualitas pada kondisi batubara setelah di air dried.

·         Dry basis (db) = nilai kualitas pada kondisi batubara kering atau tidak memiliki nilai moisture (moisture free)

·         Dry ash free basis (daf) = nilai kualitas batubara pada kondisi batubara tersebut kering dan bebas dari ash.

·         Dry mineral matter free basis (dmmf) = menginterpretasikan nilai kualitas pada kondisi batubara tidak mengandung air dan mineral matter.

·         Moist, mineral matter free basis (mmmf) menginterpretasikan nilai kualitas batubara pada kondisi batubara tersebut masih didalam tanah (in-situ coal) dan tidak mengandung mineral matter

Basis-basis di atas merupakan basis-basis yang umum atau biasanya dipakai dalam menyatakan nilai dari suatu parameter kualitas dari suatu batubara. Selain basis-basis tersebut di atas masih ada beberapa basis lainnya yang hanya untuk keperluan tertentu saja digunakan seperti misalnya ; Sulfat free, SO3 free, Ash free, dan lain-lain.

Dari interpretasi–interpretasi basis di atas, maka dibuatlah suatu persamaan matematis untuk menyatakannya ke dalam bentuk angka.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: